Skip to main content

Awalnya Bingung Bayar Pajak PPH

Ceritanya gini, sekitar tahun 2014 saya buat CV otomatis para owner terutama dirut harus memiliki NPWP mau ga mau saya buat deh...

Awalnya Bingung Bayar Pajak PPH

Tujuan saya buat CV adalah ingin memiliki domain atau sebuah web www.kreasindoco.co.id,  karena salah satu syarat dengan domain .co.id adalah harus berbentuk badan.

Singkat cerita saya datang ke notaris untuk membuat cv an Kreasindoco dan di sini si owner harus memiliki npwp.

Dengan anggaran kurang lebih 2 jt saya buatlah cv, ternyata cv ini hanya sampai pengadilan saja, belum ada siup, tdp dan lainnya.

Otomatis cv saya tidak saya gunakan jadi setiap projek pun an pribadi....

Dan otomatis dari tahun 2014 sampai 2018 saya tidak bayar dan tidak laporan SPT tahunan.

Namun perjalanan waktu kok semakin ngeri, apalagi setiap warga negara yang sudah memiliki npwp wajib laporan entah ada penghasilan ataupun tidak.

Secara tidak sengaja ada yang promosi jasa perhitungan pajak sekitar diawal tahun 2018. Nah ini kesempatan pikirku, tanpa berpikir panjang saya kontak melalui chat WA.

Kita janji ketemuan, kebetulan pemilik jasa ini ada arah dekat tinggal saya. Ahirnya beliau putuskan untuk datang kerumah.

Singkat cerita saya ngobrol dan konsultasi masalah perpajakan itu tadi. Bagai mana mekanisme dan sangsi apa saja kalau kita langgar.

Setelah penjelasan panjang lebar wah lha kok pusing juga ya, apalagi formulir yang di isi segambreng hahaha...

Lalu beliau menawarkan jasa, supaya saya tidak terlalu ribet. Dan di anggarkan sekian, waduh  sempat melongo juga dengan nilai jasanya belum termasuk kita bayar pajak ke negaranya.

Setelah pulang saya kordinasi dengan istri, mendengar anggaran jasa yang sekian itu istri ga merelakan, ahirnya istri searhing di google. Istri berkata mending kita urus sendiri aja.

Istri menyuruh langsung kekantor pajak yang ada di Jalan pemuda Depok dan disuruh menghadap AR bagian wilayah kecamatan tempat tinggal kita. AR adalah bagian yang ngajari kita untuk mengisi formulir dan lain sebagainya dan sanksi apa saja yang kita terima di situ di jelaskan dengan gamblang.

Baca Juga : Cara Buat Surat Pernyataan No Rekening Bank

Sempet pusing juga ngisi formulir sebanyak 4 tahun mulai dari yang pribadi sampe yang CV.

Setiap wajib pajak yang memiliki npwp minimal satu tahun sekali harus lapor SPT tahunan. Entah itu ada penghasilan atau tidak.

Kita bisa kena sangsi berupa denda Rp 100.000 untuk npwp pribadi dan Rp 1.000.000 untuk yang berbadan CV kalau PT tidak begitu tahu.

Sebenarnya tidak begitu ribet kalau kita mau belajar sedikit saja dan agak pusing hehehe.....

Sekian ocehan yang tidak begitu jelas ini.....
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->