Skip to main content

Info Lengkap Mezzanine Besi, Solusi Rumah Minimalis

Anda sedang mencari referensi tentang Mezzanine atau orang indonesia ada juga menyebutnya dengan mejanine, ya ini hanya pelafalan saja sih, bukan masalah besar. Jika benar Anda sedang mencari Mezzanine sebagai solusi rumah minimalis, maka Anda telah menemukan artikel yang benar.

Karena dalam artikel ini, saya akan beberkan hal-hal yang berkaitand dengan mezzanine, mulai dari jenis, model, tips memilih jasa pemuat mezzanine, sampai dengan cara memesannya, jadi silahkan simak artikel ini sampai selesai ya.

Selamat membaca.

"Mezzanine" sendiri bukan asli bahasa Indonesia, kata tersebut berasal dari bahasa Italia, yang bermula dari kata Mezzo, Mezzo sendiri mempunyai makna dan arti sebagai "tengah".

Dalam hal ini Mezzanine merupakan bagian daripada rumah yang berada ditengah, ditengah antara lantai 1 dan plafon atau atap rumah, bisa menjadi sebutan untuk ruang yang ada anatar lantai 1 dengan lantai 2.

Nah sekarang sudah tahukan apa itu Mezzanine, kadang rumah yang menggunakan Mezzanine, juga seringdiesbut dengan rumah Mezzanine.

Info Lengkap Mezzanine, Solusi Rumah Minimalis

Jenis-jenis Mezzanine


Seiring berjalannya waktu, pembuatan Mezzanine dalam sebuah rumah juga ikut berkembang, dari perkembangan tersebut, dapat dikategorikan jadi 2 jenis Mezzanine, yakni :

1.    Mezzanine kayu

Yang dimkasud dengan Mezzanine kayu, adalah bahan untuk membuat ruang tersebut menggunakan kayu.

Mezzanine dari kayu ini sering sekali dijumpai pada rumah zaman dahulu, mengingat karena produksi daripada besi masih cukup sediikit.

Mezzanine dari kayu saat ini juga masih cukup banyak digunakan, namun tidak sebanyak Mezzanine dari besi.

2.    Mezzanine besi

Info Lengkap Mezzanine, Solusi Rumah Minimalis

Jenis kedua adalah Mezzanine yang menggunakan bahan dasar besi. Mezzanine ini, sangat ini sangat digandrungi oleh masyarakat kita, terutama yang mempunyai rumah minimalis. Dengan membuat sebuah Mezzanine, maka akan membuat ruang dirumah termanfaatkan dengan baik dan lebih terkesan luas tentunya, sepanjang desinnya bagus ya.

Mezzanine besi yang cukup diminati adalah Mezzanine besi hollow. Karena Mezzanine jenis ini dibuat dengan rangka besi hollow, ukuran besi hollownya pun macam-macam, silahkan pilih ukuran yang pas ketika nanti pesan mezzanine.

Kelebihan Mezzanine besi


Diawal tadi sudah saya sebutkan bahwa ada 2 Mezzanine, dan saya juga menyampaikan bahwa Mezzanine besi lebih digandrungi, lantas apa yang menyebabkan hal tersebut?

Itu karena kelebihan Mezzanine besi, bagi Anda yang belum tahu, berikut kelebihan Mezzanine besi :

1.    Proses pembuatan relatif lebih cepat

Pembuatan dan Mezzanine  yang menggunakan bahan dasar besi, relatif lebih cepat. Hal tersebut tak lepas karena proses perangkaiannya adalah dengan las saja, kemudian pengecatan serta pemasangan beberapa panel kayu yang (apabila memutuskan tidak menggunakan plat besi sebagai lantainy).

2.    Biaya lebih murah

Biaya pembuatan Mezzanine dari besi juga relatif lebih murah daripada Mezzanine dengan bahan kayu.

Mengapa? Karena besi mudah dijumpai dan mudah dipatkan, dari kualitas yang biasa sampai yang bagus sekalipun.

Berbeda dengan kayu, tentu Anda tak mungkin membuat Mezzanine dalam rumah dengan kayu yang murah, bisa bisa cepat rapuh nanti. Sedangkan apabila Anda harus membeli kayu yang berkualitas, tentu biayanya relatif lumayan, kecuali  jika Anda memang inin membuat Mezzanine dari kayu.

3.    Mezzanine relatif lebih kuat dan awet

Mezzanine dari besi juga lebih kuat dan awet jika dibandingkan dengan Mezzanine dari kayu.

Kayu bisa saja rapuh dan patah, sedangkan besi lebih susah patah, kecuali bahan yang digunakan memeng berkualitas rendah.

Memang kayu tak bisa berkarat, namun kondisi Mezzanine besi yang notabennya didalam rumah membuatnya bebas dari karat, karena terlindung dari air huja, jadi lebih awet.

4.    Desain dan model lebih variatif

Salah satu kelebiahan lain dari Mezzanine yang terbut dari besi adalah mempunyai lebih banyak model dan variasi.

Baca Juga: Arkadia Furniture sebagai Spesialis Furniture Kantor

Hal tersebut karena, pada dasarnya nya besi mudah dibentuk, tinggal dipanaskan atau dipotong kemudian direkatkan kembali dengan las. Beda sekali dengan kayu, Anda harus memahat atau memotongnya nya dahulu, dan jika salah pahat atau potong bisa-bisa bahan tersebut tak dapat dipakai lagi.

Inspirasi dan model Mezzanine


Tadi kita sudah membeicarakan mengenai jenis dan kelebihan Mezzanine dari  besi, sekarang kita akan membicarakan mengenai model Mezzanine yang dapat menginspirasi Anda.

1.    Dalam kamar tidur

Info Lengkap Mezzanine, Solusi Rumah Minimalis

Apabila Anda punya ruang atau kamar tidur yang cukup luas, Anda bisa membuat sebuah Mezzanine, yang bisa difungsikan sebagai ruang baca atau penyimpanan buku, atau tempat lainnya sesuai dengan kebutuhan dan keingnan Anda.

2.    Sudut ruangan

Info Lengkap Mezzanine, Solusi Rumah Minimalis

Ruangan yang luas namun tak cukup luas untuk membuat sebuah Mezzanine, tapi Anda masih ingin membuat sebuah Mezzanine, bisa disasati dengan menempatkan Mezzanine pada bagian pojok ruangan.

Mezzanine tersebut bisa Anda gunakan sebagai ruang tidur atau ruang baca.

3.    Terbuka

Mezzanine dengan model terbuka ini bisa dibuat di ruang utama, ruang keluarga atau ruang tamu. Dengan model Mezzanine yang terbuka, Anda bisa dengan mudah memantau keluarga, sembari melakukan aktivitas Anda yang lain seperti membaca atau mengerjakan sesuatu pada laptop Anda.

4.    Tertutup

Info Lengkap Mezzanine, Solusi Rumah Minimalis

Untuk Mezzanine dengan model tertutup, perbedaanya adalan, Mezzanine ini diberikan partisi yang membatasi dengan ruang utama.

Partisi itu tidak hanya teralis besi, tapi kaca, dan pada bagian dalam diberikan tirai, sehingga apabila Anda memutuhkan privasi lebih didalam Mezzanine, Anda bisa menutup tirai tersebut.

5.    Model Jembatan

Info Lengkap Mezzanine, Solusi Rumah Minimalis

Mezzanine dengan model jembatan ini dibuat untuk menghubungkan 2 ruangan, selain sebagai penghubung, Mezzanine ini juga bisa dimanfaat sebagi ruang kerja, ruang baca atau ruang lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips memilih jasa pembuat Mezzanine


Mengingat membuat Mezzanine itu bukan hal yang mudah, tapi juga hal yang tak sulit jika sudah punya pengalaman membuatnya, maka pentig untuk memilih jasa pembuat Mezzanine yang oke, untuk memastikan bahwa jasa yang Anda pilih itu bagus dan tidak mengecewakan nantinya, silahkan simak tips berikut ini :

1.    Punya layanan CS yang sigap

Jasa pembuat Mezzanine yang bagus selalu mempunyai CS yang bagus dan sigap (entah itu pihak ketiga atau langsung ada dibawah pengawasannya).

Baca Juga: Cara dan Tips Pesan Railing Kaca Stainless, Megah Mewah Untuk Rumah dan Kantor

Sigap dalam artian, CS tersebut mampu melayani apa yang menjadi pertanyaan dan kebingungan Anda, dan yang paling penting menjawab pertanyaan Anda, bukan malah membuat Anda tambah bingung.

Yang lebih penting lagi adalah ketika nanti Anda membuat sebuah pesanan atau menentukan jadwal ketemuan untuk memesan sebauh Mezzanine, maka CS harus bisa membimbing Anda sampai deal.

2.    Berpengalaman dibidangnya

Tips yang kedua, pilihlah jasa pembuatan Mezzanine yang berpengalaman dalam bidangnya.

Pengalaman tersebut bisa ditunjukkan dengan berbagai portfolio yang pernah ia kerjakan, baik Mezzanine ataupun bidang lain yang membutuhkan keahlian hampir sama.

Ini penting, karena ini menunjukkan salah satu profesionalitas dia dalam menangani pesanan customer.

3.    Proses pengerjaan rapih

Hal yang tak kalah penting dalam memilih jasa pembuatan Mezzanine adalah, jasa tersebut mampu mengerjakan pembuatannya dengan rapi. Ingat, pembuatannya dikerjakan didalam rumah, maka dari itu potongan, laslasan serta cat nya harus rapi, dan paling penting tidak membuat kotor rumah secara berlebih.

Untuk mengetahui apakah provider tersebut mengerjakan projectnya dengan rapi atau tidak sebelum memesan Mezzanine, Anda bisa gunakan dua cara ini.

Pertama, lihatlah pada portfolio yang ditunjukkan, jika ada yang tak sesuai, silahkan tanyakan, mungkin ada sebab khusus sehingga hal itu terjadi.

Kedua, tanyakan pada jasa pembuat Mezzanine tersebut, apakah bisa mengerjakan Mezzanine dengan rapi, jika jawabannya iya, maka itu biasanya betul.

4.    Memberikan jaminan dan garansi

Yang terakhir, jasa pembuatan Mezzanine yang bagus akan memberikan Garansi dan jaminan, bahwa Mezzanine yang Anda pesan sesuai dengan hasil yang mereka kerjakan.

Selain itu, mintalah garansi dalam waktu tertentu apabila ada kerusukan sekicil apapun pada Mezzanine yang sudah Anda terima. Hai ini penting, karena sebagai konsumen, kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi.

Lihat Juga: Harga Mezzanine Besi berkualitas

Namun biasanya, sebelum diminta, jaminan dan garansi akan diberikan oleh pengelola jasa, sepanjang kerusakannya tidak dibuat buat dan fatal, misalnya Mezzanine tersebut rusak karena digergaji oleh anak pemilik rumah yang masih kecil, jangan sampai yang begitu-begitu ya.

Oke itu tadi tulisan yang membahas tentang Mezzanine solusi rumah minimalis, semoga setelah membaca artikel ini, Anda bisa mendapatkan insight positif yang bagus, yang menabah wawasan Anda tentunya. Demikian, salam sukses dan sampai jumpa di artikel yang lainnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->