Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Supaya Mudah Memperoleh Modal Bisnis Dengan Cepat Yang Terbukti

Sebelum kita lanjut untuk membahas topik cara memperoleh modal bisnis dengan cepat untuk memulai dan mengembangkan bisnis alangkah baiknya kita bahas lebih dulu tentang arti modal usaha, biar lebih jelas untuk memahami isi pembahasan artikel ini.

Modal bisnis menurut pengertian banyak orang ialah uang yang cukup untuk mendanai atau membiayai suatu bisnis yang ingin di mulai atau di kembangkan. Tetapi, pada kenyataannya,modal bisnis menurut anggapan para motivator bisnis dan pelatih bisnis, ternyata bukan hanya dalam bentuk uang yang cukup saja, akan tetapi modal bisnis di sini memiliki pengertian yang luas.

4 Cara Supaya  Mudah Memperoleh Modal Bisnis Dengan Cepat Yang Terbukti

Adapun contoh-contoh modal bisnis yang bukan berupa uang adalah:
  • Tenaga.-Istilah orang "dengan modal tenaga,bisa menghasilkan uang"
  • Waktu.-Isilah orang "waktu ialah uang"
  • Ide.-Istilah orang "merubah ide menjadi uang"
  • Keberanian.-Istlah orang "Kamu  tidak bisa menjadi pengusaha  sukses bila  tidak punya keberanian"
  • Mulut.-Istilah orang "Hanya dengan modal mulut dapat uang dari jual mobil orang lain"
  • Bicara.-Istilah orang "Hanya dengan modal bicara bisa jadi pedagang perantara"
  • Keahlian dan ketrampilan.-Istilah orang "Untuk menghasilkan uang,jual saja keahlian atau ketrampilanmu"
  • Hobi.-Istilah orang "Memulai bisnis dengan hoby"
  • Do'a.-Istilah orang "Kalau memulai bisnis itu dengan berdo'a dulu"
  • Dan lainnya.-Istilah orang "Memulai bisnis aja kok repot"

Semua modal-modal itu biasa juga di sebut modal dengkul,sebagaimana kata Pak Bob Sadino "Bila  Kamu  tidak punya modal uang untuk berbisnis gunakan saja modal dengkul yang Kamu  miliki". Jadi, sebenarnya semua bisnis atau bisnis itu pasti membutuhkan yang namanya modal-modal seperti itu. Dan sebenarnya, tidak ada yang namanya bisnis atau bisnis tanpa modal. Sudah jelas bukan? 4 cara jitu memperoleh modal bisnis dengan cepat untuk memulai dan mengembangkan bisnis yaitu

1.    Mencari Patner Bisnis

Bila  Kamu  berpikir bahwa modal yang Kamu  miliki belum cukup untuk memulai bisnis, maka dengan cara mencari patner bisnis bisa menjadi pilihan jalur permodalan yang sangat memungkinkan untuk Kamu  peroleh dengan cepat. Cara ini biasa juga di sebut memulai bisnis dengan modal patungan. Memulai bisnis dengan modal patungaan juga sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko yang akan Kamu  alami saat bisnis bisnis yang di rintis ternyata gagal alias bangrut. Tidak sedikit juga orang yang memilih jalur modal patungan untuk merintis suatu usaha. Di dalam kerjasama dengan sistem modal patungan merintis bisnis ini umumnya di lakukan perjanjian dan kesepakatan untuk pembagian hasil keuntungan usaha.

2.    Mendapatkan Modal Bisnis Dengan Memanfaatkan Lokasi Strategis

Cara ini hanya dapat di lakukan untuk mencukupi modal bisnis yang di butuhkan. Di sini,Saya akan menjelaskannya dengan sebuah contoh. Sebagai contohnya ialah sebagai berikut,

Saya punya seorang teman yang ingin membuka bisnis di bidang perdagangan barang retail.Maksudnya,dia ingin membuka Toko Kelontong atau Swalayan Mini,karena dia sangat menyukai bisnis ini sebagai suatu bisnis yang memiliki prospek yang bagus dan sangat potensial dari segi perputaran modal yang akan di investasikan. Tetapi, teman Saya tersebut mengeluhkan masalah permodalan yang tidak mencukupi untuk segera merintis dan membuka bisnis tersebut. Lalu,Saya menyarankan kepadanya supaya  dia memanfaatkan saja lokasi strategis miliknya untuk mencukupi modal usahanya.Karena kebetulan dia memiliki lokasi strategis untuk membuka bisnis yang di sukainya tersebut.

Daripada lokasi startegis tersebut di gadaikan ke bank untuk memperoleh dana kredit untuk modal bisnis tambahan, lebih baik dan lebih menguntungkan bila  lokasi strategis tersebut di jadikan umpan untuk memperoleh modal tambahan tanpa harus meminjam dana kredit dari bank.karena bila  lokasi strategis tersebut di jadikan agunan untuk mendapatkan kredit modal usaha, maka otomatis pinjaman kredit tersebut akan di kenai bunga, walaupun bunganya tidak terlalu tinggi, tetapi akan tetap mengurangi keuntungan yang akan di hasilkan oleh bisnis tersebut.

Jadi, bila  Kamu  ingin merintis bisnis di jalur bisnis perdagangan barang retail dalam hal ini Toko kelontong dan Swalayan tetapi tidak memiliki modal yang cukup maka cara memperoleh modal bisnis dengan memanfaatkan lokasi strategis bisa menjadi pilihan bagi Kamu . Karena cara tersebut sering di lakukan oleh segelintir pengusaha  yang ingin menghemat uang mereka di dalam memulai bisnis tersebut. Kamu  pun bisa mencoba melakukannya, bila  Kamu  mau dan berani.

3.    Mendapatkan Modal Bisnis dengan Cara Meminjam Dana Kredit Modal Kerja Dan Bisnis Dari Bank

Sebagimana yang kita ketahui bahwa Bank ialah sebuah lembaga penyedia modal usaha.Meminjam dana kredit untuk modal bisnis dari Bank ialah salah satu jalur untuk mendanai bisnis yang kita jalankan. Tetapi, masalahnya di sini ialah di mana aturan perbankan hanya akan mengucurkan kredit modal khusus hanya untuk pembiayaan bisnis bisnis yang sudah berjalan antara 6 bulan - 24 bulan.

Nah, bila  Kamu  kebetulan seorang calon wirausaha, pedagang, atau pebisnis pemula dan ingin memperoleh modal bisnis dari bank maka untuk berhasil mendapatkan modal bisnis dari pihak bank Kamu  harus memiliki bisnis yang sudah berjalan minimal 6 bulan baru Kamu  bisa mengajukan permohonan kredit usaha.

Lewat Bank Kamu  bisa memperoleh tambahan modal bisnis yang Kamu  butuhkan untuk mengembangkan bisnis Kamu . Jumlah modal kredit yang bisa Kamu  peroleh tentu tergantung dari kapasitas Kamu  dan bisnis Kamu , serta tergantung juga dari nilai agunan yang Kamu  jaminkan.

Tetapi, ada juga di dalam sistem perbankan ,yang memberikan fasilitas kredit modal bisnis tanpa agunan, atau biasa yang di sebut KTA. Jalur pembiayaan bisnis lewat KTA ini, bisa menjadi pilihan bagi Kamu bila  memang membutuhkannya. Tetapi, jenis pembiayaan lewat KTA ini dikenakan bunga yang lebih tinggi dari jenis kredit yang lain.

4.    Mendapat Modal Bisnis Dengan Mencari Investor Yang Tepat

Masih banyak orang yang bingung dengan masalah bagaimana mencari investor yang tepat untuk mendapatkan suntikan modal usaha. Sebenarnya, mudah saja caranya,yakni dengan memasang iklan tentang bisnis Kamu  dan kebutuhan Kamu  akan modal bisnis tambahan. Cara pasang iklannya bisa lewat surat kabar lokal di daerah Kamu atau bisa pula lewat grup-grup dan komunitas bisnis di internet.

Adapun cara yang paling tepat supaya  dengan cepat mendapatkan investor yang berminat ialah lewat koran lokal di kota Kamu dan lewat grup-grup dan komunitas bisnis khusus di kota atau daerah Kamu . Dengan cara ini, maka sangat besar kemungkinan iklan Kamu  mendapatkan banyak respon positif dalam waktu singkat. Karena, orang-orang yang merespon iklan Kamu  tersebut ialah warga di sekitar daerah Kamu . Dan mereka mempercayai bisnis bisnis Kamu karena masih termasuk di dalam satu wilayah yang mudah di jangkau dan di kunjungi.

Supaya  bisnis kamu  berhasil memikat hati sang calon investor yang datang berkunjung, sangat di sarankan bagi Kamu untuk membuat terlebih dulu proposal Rencana Usaha. Nanti, lewat proposal rencana bisnis tersebut Kamu  bisa memperlihatkan bagaimana kinerja bisnis Kamu  kepada sang calon investor. Dan Proposal Rencana Bisnis itu harus menggambarkan kegiatan bisnis yang mengarah kepada keberhasilan bisnis memperoleh keuntungan.

Posting Komentar untuk "4 Cara Supaya Mudah Memperoleh Modal Bisnis Dengan Cepat Yang Terbukti"

Berlangganan via Email