Skip to main content

Cara screenshot Windows 10

Cara screenshot Windows 10 ini bisa anda perhatikan jika anda ingin membuat tangkapan layar Windows 10 namun belum mengetahui cara-cara yang hendaknya dilakukan. Tangkapan layar yang bisa anda ambil bisa secara layar penuh bisa juga untuk mengambil sebagian layar. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk screenshot Windows 10.

Cara screenshot Windows 10 dengan snip & sketch

Cara screenshot Windows 10


Sebelum anda melakukan tangkapan layar menggunakan snip & sketch ini hendaknya anda terlebih dahulu mengupgrade sistem Windows anda ke versi 1809, maka secara otomatis fitur ini tersedia pada PC anda. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk menggunakan snip & sketch :

  • Pertama-tama bukalah snip & sketch dengan cara mengetikkan snip di fitur pencarian Windows anda, maka setelahnya akan otomatis muncul snip & sketch sebagai hasil pencarian. Bisa juga menggunakan tombol Windows + shift + s secara bersamaan.
  • Setelah snip & sketch terbuka pada bagian kiri atas halaman snip & sketch terdapat tombol new, lalu anda tekan.
  • Setelah itu anda diminta untuk memilih jenis tangkapan layar yang anda ingin ambil. Pada setiap ikon anda bisa mengetahui jenis tangkapan layar dengan opsi rectangular snip, free from snip window snip, dan full screen snip. Jika anda sudah memilih jenis tangkapan layar yang anda inginkan anda cukup menekan pilihan yang ada.
  • Selanjutnya anda bisa melakukan modifikasi pada hasil tangkapan layar anda sebelum menyimpannya dengan ikon yang tersedia.
  • Jika dirasa tangkapan layar sesuai yang anda inginkan anda bisa menyimpan hasilnya dengan menekan ikon yang bergambar disk pada bagian atas halaman snip & sketch.
  • Lalu anda akan dialihkan ke lokasi penyimpanan yang tersedia di PC anda. Jika anda sudah memilih lokasi yang dirasa sesuai anda bisa langsung menekan save.


Tombol PrtSc untuk menangkap seluruh layar Windows 10.

Cara screenshot Windows 10


Tombol Prtsc ini biasanya tersedia pada sebelah kanan keyboard komputer atau PC milik anda. Dengan cara-cara berikut ini anda bisa menangkap layar Windows 10 menggunakan tombol prtsc :

  • Terlebih dahulu anda bisa mengatur posisi layar yang anda inginkan untuk anda tangkap layarnya pada PC atau laptop anda.
  • Jika anda rasa sudah pas, selanjutnya tekan pintasan tombol win + prtsc bersama-sama.
  • Setelah itu hasil tangkapan layar akan tersimpan secara otomatis dengan format PNG.
  • Anda bisa melihat hasil tangkapan layar anda tersebut dengan cara membuka folder pictures lalu maka akan ada folder screenshots.


Menangkap layar satu jendela dengan tombol PrtSc

Cara screenshot Windows 10


Jika sebelumnya tombol PrtSc anda gunakan untuk menangkap seluruh layar maka tombol PrtSc juga bisa anda gunakan untuk menangkap layar satu jendela. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda gunakan untuk menangkap layar satu jendela menggunakan tombol PrtSc.

  • Pertama anda bisa membuka jendela yang anda ingin tangkap layarnya dengan tombol PrtSc ini, lalu anda bisa memastikan jika jendela tersebut sudah anda pilih dengan menekan pada bagian judulnya yang terletak pada bagian atas.
  • Setelah itu anda bisa menggunakan pintasan dengan menekan Alt + PrtScr bersama-sama maka tangkapan satu jendela yang tadi anda pilih akan otomatis tersalin ke papan klip PC anda. Jika pintasan tersebut tidak berhasil anda bisa menekan secara bersama-sama Alt+Fn+PrtScr sebagai opsi lainnya.
  • Selanjutnya bukalah fitur paint yang ada dalam PC atau laptop anda.
  • Jika paint sudah terbuka, hasil tangkapan layar yang sebelumnya tersalin itu bisa anda tembel dengan menggunakan shortcut Ctrl + V. maka tangkapan layar tadi akan bisa anda lihat pada kanvas paint PC anda.
  • Lalu anda bisa langsung menyimpan hasil tangkapan layar anda dengan cara memilih menu file kemudian klik save.
  • Anda bisa memilih lokasi penyimpanan hasil tangkapan layar anda pada PC anda lalu klik save.


Snipping tool untuk menangkap layar Windows 10 anda.

Aplikasi ini bisa anda gunakan sebagai salah satu cara untuk bisa menangkap layar Windows 10 anda. Akan tetapi aplikasi ini tidak ada dalam versi Windows 10 selanjutnya. Namun jika anda ingin menggunakan snipping tool untuk menangkap layar Windows 10 anda bisa menggunakan langkah-langkah :

  • Pertama anda perlu membuka aplikasi snipping tool. Dengan cara menggunakan fitur pencarian pada Windows dan menuliskan snipping tool.
  • Jika jendela snipping tool sudah terbuka anda bisa menekan tanda panah di sebelah tombol mode untuk melihat pilihan penangkapan layar anda yaitu opsi free-form snip, rectangular snip, window snip dan full-screen snip lalu pilih pilihan tangkapan layar yang anda inginkan.
  • Pada jendela snipping tool pada bagian kiri atas jendela terdapat tombol new. Tombol ini bisa anda tekan untuk melihat hasil tangkapan gambar anda dengan pilihan mode yang anda pilih sebelumnya.
  • Sebelum menyimpannya, anda bisa mengubah hasil tangkapan layar anda dengan peralatan yang terdapat pada aplikasi. Peralatan untuk anda mengubah hasil tangkapan layar anda bisa anda temukan pada bagian atas layar.
  • Setelah anda rasa cukup sesuai dengan keinginan anda, anda bisa menyimpan hasil tangkapan layar anda dengan cara menekan ikon disk pada bagian atas layar snipping tool.
  • Kemudian anda akan dialihkan ke halaman lokasi penyimpanan hasil tangkapan tersebut. Jika anda sudah menemukan tempat yang sesuai, anda bisa mengganti nama berkas tersebut, dan setelahnya menekan tombol save.


Menggunakan Microsoft Snip

Jika anda belum mengetahui Microsoft snip ini adalah project yang diluncurkan oleh Microsoft Garage yang mempunyai fitur untuk menangkap layar secara otomatis dan juga terdapat fitur edit untuk mengedit hasil tangkapan layar. Jika anda tertarik untuk menggunakan Microsoft snip anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Pertama, anda perlu mendownload Microsoft snip ini pada PC anda kemudian menginstalnya, maka Microsoft snip ini akan ada pada bagian atas layar PC anda.
  • Pada aplikasi ini terdapat beberapa opsi seperti capture, whiteboard dan juga camera. Jika anda hendak melakukan tangkapan layar maka anda pilih opsi capture.
  • Anda juga bisa mengatur bagian layar yang ingin anda ambil dengan menggunakan drag crursor.
  • Secara otomatis hasil tangkapan layar tersebut akan ada di dalam whiteboard untuk anda jika ingin mengedit gambar hasil tangkapan layar. Jika dirasa sudah sesuai dengan keinginan anda, anda bisa langsung klik save.


Cara screenshot Windows 10 ini memiliki beberapa cara yang berbeda dalam penggunaannya. Anda bisa memilih salah satu cara yang menurut anda adalah cara yang cepat dan tepat untuk menghasilkan hasil tangkapan layar yang sesuai keinginan anda.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->