Skip to main content

Strategi Bisnis Perusahaan Sukses Ketika Menghadapi Perang Pemasaran

Strategi Bisnis Perusahaan Sukses Ketika Menghadapi Perang Pemasaran

Sebagimana yang kita ketahui, bahwa di dalam dunia bisnis sangat banyak orang yang menjalankan kegiatan pemasaran dan tentu juga sangat banyak produk atau jasa sejenis atau sama yang banyak tersedia dan di tawarkan. Dalam pemasaran yang tengah berlangsung persaingan sengit untuk merebut banyak pelanggan, maka perusahaan atau bisnis yang sukses umumnya menggelar arau menjalankan berbagai macam jenis strategi bisnis untuk mempertahankan pelanggan bahkan untuk merebut pelanggan-pelanggan baru  di dalam pemasaran.

Strategi bisnis yang jalankan oleh perusahaan yang  sukses ini juga bertujuan untuk meredahkan serangan strategi pemasaran yang lakukan oleh para pesaing yang dapat mengancam posisi kekuatan produk dan jasa milik perusahaan sukses di dalam pasar yang telah di kuasai. Dalam hal ini,perusahaan yang sukses memperkuat posisi produk atau jasa yang sudah di kenal oleh para konsumen maupun pelanggan dan  merasa perlu melakukan tindakan dengan menjalankan strategi pemasaran  yang baru untuk menambah kekuatan posisi produk-produk dan jasa mereka.

Perusahaan atau bisnis yang sukses dan cerdas harus dapat mengetahui ancaman terhadap kekuatan posisi produk atau jasa mereka dengan melihat fenomena yang terjadi di tengah persaingan yang   dapat merebut dan menarik perhatian konsumen/pelanggan mereka. Dan tentu saja, perusahaan sukses sebelumnya telah melakukan survei atau penelitian pasar. Dan mereka menemukan fakta bahwa para konsumen bisnis mereka bagaikan di serbu atau di serang oleh berbagai produk atau jasa yang  sejenis atau sama.

Dalam hal ini perusahaan yang sukses mempelajari tentang apa yang terjadi di tengah pasar,di mana terdapat puluhan ribu atau bahkan hingga jutaan jenis produk membanjiri dunia pemasaran sekarang ini, termasuk produk/barang yang sejenis. Dan terdapat ribuan jenis jasa juga membanjiri dunia pemasaran, dan terdapat juga banyak jasa yang sejenis atau sama. Para konsumen pun tinggal memilih mana produk atau jasa yang terbaik dan tepat untuk mereka bayar.

Contoh Fenomena Persaingan Yang Sengit Dalam Dunia Pemasaran

Ribuan perusahaan bersaing dan berlomba untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Saking ketatnya persaingan, barang kebutuhan masyarakat pun menjadi overload atau berlebihan di produksi hingga melebihi jumlah konsumen. Sebagai buktinya, coba Kamu  selediki sendiri di pasar-pasar atau Super market, di mana jumlah barang yang di pasarkan lebih banyak daripada jumlah pengunjung yang datang, bahkan tidak semua pengunjung yang datang itu langsung membelli. Di dunia pemasaran online pun juga terjadi hal yang sama.Tak ada bedanya dengan yang terjadi dunia bisnis offline. Kamu  dan kita semua di serbu oleh produk dan jasa yang di pasarkan di internet.

Strategi Bisnis Perusahaan Sukses Ketika Menghadapi Persaingan Sengit Dalam Pemasaran

Sekarang ini ialah era pertempuran dan pertarungan pasar. Persaingan-persaingan seru dan perang strategi akan terus berlanjut di dalam pemasaran. Banyak cara yang bisa di lakukan oleh para pemilik bisnis demi memenangkan persaingan atau pertarungan di dunia pemasaran. Berbagai macam strategi dan taktik pun di jalankan.

Dunia Pemasaran ialah dunia yang penuh dengan musuh dan lawan bersaing. Para pelaku bisnis tidak boleh hanya tinggal diam, karena  para pesaing mungkin akan melakukan strategi untuk menyerang habis-habisan bisnis Kamu . Dan Kamu  sudah tentu tidak ingin menjadi korban dalam persaingan habis-habisan bukan? Seperti apa sih strategi bisnis perusahaan/bisnis yang sukses ketika menghadapi perang dan persaingan di dalam pemasaran? Ikuti uraiannya di bawah ini.

Menurut Donald W.Hendan dalam bukunya Batlling for profit, bahwa taktik dan strategi bersaing meningkatkan penjualan itu ada tiga macam, tetapi di sini kami hanya menjelaskan dua jenis saja, maksudnya Kami ingin membagikan strategi yang lebih mudah Kamu  pahami dan gunakan. Berikut ini akan dibahas strategi bisnis perusahaan/bisnis ketika menghadapi persaingan sengit dalam  pemasaran yaitu

1.    Win-Win Approach

Strategi bisnis ini fokus kepada bagaimana mempertahankan status quo. Dan merupakan taktik yang praktis dalam meningkatkan volume penjualan. Dalam pendekatan ini, sasaran utamanya ialah bagaimana setiap perusahaan atau pelaku bisnis menggerakan segala daya upayanya supaya  semua orang semakin membeli lebih banyak, sehingga denagn begitu bisa meningkatkan omzet penjualan  dalam pemasaran. Di antara strategi bisnis dalam kegiatan pemasaran yang di maksud di sini ialah sebagai berikut;
  1. Perusahaan atau pelaku bisnis bisa meningkatkan penjualannya kepada kolompok pembeli yang di sebut non user. Untuk menggaet kolompok ini kita harus memeras imaginasi yang kreatif.
  2. Perusahaan atau pelaku bisnis di dorong untuk dapat meningkatkan pembelian dari kolompok yang di sebut "present user"
  3. Perusahaan atau pelaku pasar dapat melakukan verifikasi pasar dengan bergerak cepat ke daerah yang di sebut sebagai "New geografical market"
  4. Perusahaan atau pelaku bisnis mencetuskan kerjasama internasional yang menguntungkan dengan kerja sama antara asosiasi perusahaan sejenis untuk merintis dan mensponsori iklan yang  memberikan informasi yang  luas.
  5. Perusahaan Mencari dan menggunakan saluran distribusi yang baru menjual hasil produksinnya dan bersikeras mempertahankan cara yang tradisional.
  6. Suatu perusahaan dapat menonjolkan manfaat lain atau "New User" dari produk yang  di hasilkannya sehingga memperluas target pasar yang  di tentukan.
  7. Suatu perusahaan dapat bekerja sama dengan saingannya untuk berbagi hasil mengenai hak paten berdasarkan suatu royalti tertentu sejauh masih lebih menguntungkan.

2.    Defensive Approach

Pada dasarnya strategi bisnis ini di pergunakan untuk tujuan mempertahankan status quo perusahaan dalam persainagan pemasaran yang ketat. Dalam menjalam strategi bisnis ini, ada beberapa langkah yang harus di tempuh oleh sebuah perusahaan atau usaha.

a)    Melakukan inovasi secara terus menerus.

Dalam hal ini,ide mengenai produk baru dan produk dengan ukuran dalam bentuk baru dapat menghambat pemasaran yang di lakukan oleh para pesaing baru untuk menguasai pasar. Di samping melakukan inovasi produk perusahaan juga perlu melakukan suatu peningkatan terhadap pelayanan jasa,jaringan distribusi penyaluran produk serta tingkat investasi/biaya untuk produk yang  baru.

b)    Melakukan serangan balasan dalam pemasaran apabila pesaing menyerang dengan dengan berbagai strategi.

Dalam hal ini,perusahaan harus bergerak lebih agresif dalam pemasaran dengan menempuh berbagai strategi peningkatan untuk menjadi pemimpin dalam pasar.

c)    Perusahaan harus sering-sering melakukan serangan pemasaran terhadap lawan bisnis sebelum lawan bisnis menyerang lebih dahulu.

Sebagai contoh: Toshiba melakukan strategi ini dengan melakukan serangan di segala bidang,akhirnya Tosiba berhasil menguasai jalur distribusi dan pengembangan produknya.

d)    Perusahaan perlu mempelajari keadaan pasar secara teliti

Sehingga selain bisa menahan serangan lawan/pesaing bisnis,perusahaan juga dapat melakukan serangan balasan yang mematikan terhadap pergerakan pemasaran yang  di lakukan oleh lawan bisnis.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->